Get me outta here!

28 November 2012

Jenis Dimensi dan Hasil dari USG

Selamat malam sobat Sebar Info45. Untuk mengetahui kondisi dari bayi yang di kandungnya, ibu-ibu hamil saat ini sering memeriksakan kandungannya dengan pemeriksaan USG (ultrasonografi). Pemeriksaan dengan USG ini sangat di gemari oleh orang tua atau ibu hamil yang ingin mengetahui kesehatan, bentuk serta jenis kelamin dari si buah hati di dalam kandungan. Kalau jaman dulu USG hanya dengan fasilitas 2 dimensi saja ( 2D ). Hasil USG 2 dimensi hanya memperlihatkan permukaan dan tekstur janin dengan warna hitam putih saja. Namun dengan kemajuan teknologi yang pesat ini, alat untuk USG sudah tersedia dalam bentuk 3 dan 4 dimensi. 

Untuk hasil dari 3 dimensi, kita dapat memvisualisasikannya dengan jelas. Gambar yang di hasilkan dari USG 3 dimensi hampir sama dengan bentuk asli bayi di dalam kandungan. Sedangkan USG 4 dimensi merupakan penyempurnaan dari 3 dimensi. Hasil gambar dari pemeriksaan dengan USG 4 dimensi dapat bergerak dan dengan warna yang sempurna di bandingkan dengan dimensi sebelumnya, bahkan hasilnya dapat direkam dan di simpan dalam compact disc. Keunggulan dari USG 4 dimensi adalah hasil gambar yang mudah di pahami oleh pasien. Selain itu pemeriksaan ini dapat mendeteksi adanya kelainan janin secara dini, sehingga pengobatan yang terbaik dapat di lakukan. Dengan hasil yang bergerak dan lebih baik maka dokter akan lebih mudah mendiagnosa si bayi.

Namun perlu di ketahui bahwa hasil, akurasi/ketepatan dari pemeriksaan USG tidaklah 100%, melainkan hanya di perkiraan 80% saja. Yang nantinya jika kemungkinan adanya kelainan bawaan/cacat pada bayi atau janin yang tidak terdeteksi mungkin itu sebagian dari kekurangan alat ini. Alat USG hanyalah sebagai perantara saja sedangkan yang lebih mengetahuinya adalah Sang  Pencipta.
Berikut ini sedikit informasi tentang hasil pemeriksaan dari USG 2,4 dan 4 dimensi.

DiagnosaUSG 2 Dimensi USG 3 DimensiUSG 4 Dimensi
Hasil gambar
Bayi hanya terlihat dari 1 sisi dan hasilnya hitam putih.
Bayi secara keseluruhan dapat terlihat engan hasil warna yang jelas. Bayi secara keseluruhan dapat terlihat dan bergerak dengan hasil berwarna.
Diagnosa yang dapat di ketahui
Adanya kelainan bawaan dapat di deteksi, namun hanya para ahli lah yang lebih mengetahuinya. Kelainan bawaan seperti jantung, tulang, bibir,  alat kelamin dan plasenta dpt di ketahui. Hampir sama dengan 3 dimensi.
Penyimpanan hasil USG Di cetak seperti foto. Dapat di cetak dan di simpan dalam bentuk CDDapat di simpan ke dalam CD dengan hasil gambar atau video yang bergerak.

0 comments:

Posting Komentar