Get me outta here!

10 Juni 2013

Manfaat Kencur Untuk Pengobatan

Walau sekarang kita telah berada di jaman modern, tak ada salahnya jika kita masih mempercayai dan menggunakan pengobatan tradisional. Obat tradisional bahannya banyak terdapat di lingkungan sekitar kita dan tidak mahal untuk mendapatkannya. Kencur adalah salah satu tanaman toga yang masih banyak di gunakan sebagai obat tradisional. Apa saja manfaat dari kencur..??, berikut ini sedikit info akan manfaat kencur.
manfaat Kencur
kencur ( sumber gambar iptek.net.id ).
Kencur bisa di gunakan sebagai obat radang lambung. 
Menurut kisah nenek saya cara pengobatannya adalah dengan mengupas 2 jari kencur, di cuci bersih dan di kunyah denga sedikit garam setelah halus baru di telan. Memang agak terasa aneh di lidah, namun kata nenek saya obat ini sangat mujarab. Lakukan cara ini sampai 3 kali sehari.

Sakit perut bisa di obati dengan kencur.
Terkadang perut kita terasa kembung dan mual atau terasa enek. Rasa sakit tersebut dapat di obati dengan kencur. Caranya : ambil kencur 1 biji lalu parut sampai halus dan beri 1/2 gelas air, remas dan saring untuk diambil air kencurnya. Minum cairan kencur ini, bisa dicampur dengan air hangat. Aturan minum satu kali sehari 1/2 gelas.

Manfaat kencur untuk kesegaran badan.
Sampai saat ini masih terdapat jamu yang bahan utamanya dari kencur yaitu beras kencur. Kencur bisa di manfaatkan sebagai minuman penyegar badan. Bagaimana cara meraciknya..?, berikut ini infonya. Ambil 5 buah kencur, 5 kedawung, 3 cengkeh, 1 jeruk nipis, 1/2 cangkir beras, sepotong jahe, kayu manis dan gula merah secukupnya. Beras di rendam, di tiris dan di goreng tanpa minyak sampai bewarna kecoklatan. Lalu di tumbuk halus bersama jahe, kencur, gula merah dan air. Setelah itu campurkan cengkeh dan kayu manis dan langkah berikutnya di saring. Campurkan bahan yang di haluskan tadi dan ramuan kencur siap di minum sesuai kebutuhan kita.
Nah sobat sebar info, itulah informasi akan manfaat kencur untuk pengobatan dan kesegaran badan kita. Terimakasih dan jika ada salah resep atau peracikan mohon di revisi di kolom komentar.

1 komentar:

  1. Artikel yang bermanfaat.

    Baca artikel kesehatan lainnya di blog saya, bangfajar.com

    Terimakasih.. harap kunjungan baliknya jika ada waktu

    BalasHapus