Get me outta here!

4 Desember 2013

Resep Ikan Mujair Bumbu Tauco


Resep Ikan Mujair Bumbu Tauco
Ikan Mujair Bumbu Tauco (gambar @catatanazzahra.blogspot.com)
Huft.. hari ini saya sangat jenuh sekali. Banyaknya pekerjaan rumah membuat badan saya lelah. Untuk menormalkan kembali fungsi badan ini saya berusaha untuk refreshing dengan memancing ikan di kolam ikan belakang rumah. Ikan mujaer adalah penghuni dari kolam itu, karena memang saya sengaja memelihara ikan mujair. 

Pertama saya mencoba memeliharanya dengan panduan buku tata cara memelihara ikan mujair dari perpustakaan. Wah hasil pancingan saya lumayan banyak, bingung ntar mau di buat menu apa. Akhirnya muncul ide untuk membuat menu ikan mujair bumbu tauco. Yuuk langsung saja kita praktekin cara memasaknya.

Bahan-bahan :

  • Ikan mujair 4 ekor yang sudah di bersihkan dan di hilangkan sisiknya.
  • 1 butir jeruk nipis, diambil sari atau airnya.
  • Garam secukupnya.
  • 2 sendok makan margarin ( untuk menumis ).
  • 5 butir bawang merah, di iris halus.
  • 5 siung bawang putih, di iris halus.
  • 10 buah cabai rawit merah, di iris halus.
  • 2 sendok makan tauco.
  • 1 lembar daun salam.
  • 1 lengkuas sebesar ibu jari dan memarkan.
  • 150 ml air.
  • 5 sendok makan kecap manis.
  • 1,5 sendok teh penyedap rasa jika Anda menyukainya.
Cara memasaknya sebagai berikut :

  • Ikan mujair di lumuri dengan air jeruk dan garam selama 10 menit dan sisihkan. Tujuannya agar tidak amis.
  • Lalu panaskan margarin dan tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah dan tauco sampai harum.
  • Beri air secukupnya, kecap manis, dan penyedap rasa. Masak sampai mendidih.
  • Langkah selanjutnya masukkan ikan dan kecilkan apinya.
  • Masak sampai ikan matang dan bumbu-bumbunya meresap.
  • Angkat dan siap di sajikan untuk 4 orang.
  • Tambahkan irisan tomat dan daun selada segar sebagai lalapan. 
  • Selamat mencoba.

1 komentar: