Manfaat Mendongeng Bagi Anak

Ditulis oleh: -
Manfaat Mendongeng Bagi Buah Hati
Setiap orang tua pasti menginginkan agar buah hatinya pintar dan cerdas. Berbagai cara dari orang tua untuk mencerdaskan anak mereka. Salah satu cara paling simpel adalah dengan mendongeng. Mendongeng adalah kegiatan yang sederhana dan mengasyikkan yang dapat membantu mencerdaskan anak. Di kesempatan kali ini sebar info45 akan berbagi informasi tentang manfaat mendongeng bagi buah hati atau anak anda.

Manfaat Mendongeng Bagi Anak
1. Meningkatkan kemampuan pendengaran dan kemampuan mengingat pada anak.
Dengan memberikan dongeng pada anak maka kemampuan auditori dan mengingat anak akan meningkat.
2. Memberdayakan kognisi anak.
Dengan mendengarkan dongeng akan di peroleh daya imajinasi dan kreasi bekerja sama untuk membuat persepsi yang lebih kompleks dan menarik stimulus. Anak akan menjadi individu yang aktif dan asertif.


3. Meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
Banyaknya kata dan bahasa dalam dongeng akan menambah perbendaharaan bahasa dan pengetahuan anak.
4. Membangkitkan kreatifitas anak.
Saat anak asyik mendengarkan dongeng maka imajinasi anak akan bekerja. Dongeng akan membawa anak memasuki dunia magis yang mungkin saja bisa terjadi. Hal ini akan membangkitkan rasa keingin tahuan si anak dan rasa ingin mewujudkan dari isi cerita dongeng itu.
5. Menjaga kesehatan psikologis anak.
Kemampuan dari dongeng dapat menjaga kesehatan psikologis anak. Perumpamaan, variasi emosi dan nilai sosial dari cerita dongeng memberikan kesempatan anak untuk belajar menyelesaikan kesulitan dan masalah yang mungkin di alami anak saat ini atau di masa lalu serta masa depan nanti.
6. Memperkuat emotioanal intelegen anak.
Melalui dongeng yang di ceritakan orang tua dengan ceria dan menyenangkan tanpa di sadari orang tua juga telah mentransfer kebijakan kehidupan dengan efektif dan cepat. Transfer pegetahuan tentang life-skil bagi anak kelak bermanfaat sebagai referensi yang memperkuat intelegensi anak dalam meghadapi dan menyelesaikan masalah yang di hadapinya.

Nah sobat sebar info, dari informasi diatas kita dapat mengetahui betapa pentingnya sebuah dongeng bagi anak. Walaupun saya sendiri masih belum di karuniai anak, namun informasi diatas bisa di jadikan referensi saat kita mempunyai anak nanti. Semoga informasi diatas bermanfaat.
Advertisement

34komentar:

  1. Kemaren saya sempat terpikir mau bikin blog yang bertemakan DONGENG sebab saya prihatin dengan dongeng2 yang hampir terlupakan ya mba Utami..hahhayyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya di sempatin buat blog nya to bang.. btw makasih ea bang atas tips dan trik blognya.

      Delete
  2. ga nyangka manfaatnya banyak jg y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, semoga informasi dari postingan di atas bermanfaat.

      Delete
  3. Wah banyak juga ya manfaatnya ... harus cepet2 beli buku2 dongeng ini ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas sudah punya momongan ya..? coba aja mas beli bukunya trs dongengin pada anak mas, insyaAllah bermanfaat.

      Delete
  4. saya dulu waktu kecil gak pernah dibacain dongeng.. hehehe..

    sekali2 mampir juga di blog saya yang disini juga ya.. :D http://thelikers.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Suhendri Mr mau didongin sekarang juga walau udah gede tapi..?? yang dongengin harus Lulus (dulu) (^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuhh.. mas nich ada ada aja.. xixixixii.

      Delete
  6. Mendongeng emang mengasyikan,, buatku semangat 45.. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaapp..!! makasih mas edyn atas supportnya.

      Delete
  7. ini biasanya istri yang yang suka dongengin buat anak saya.Manfaatnya banyak juga ya mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, walaupun hal kecil namun sangat bermanfaat bagi kecerdasan sang anak, makasih atas kunjungannya.

      Delete
  8. memang mendongeng ini banyak sekali manfaatnya sayang sudah jarang yang melakukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang terkadang akan membosankan juga, namun kalau orang tua mempunyai inisiatif baru pasti anak akan menyukainya. Makasih atas silaturahminya.

      Delete
  9. Manfaat mendongeng banyak juga yah... makasih infonya.. Kunjungan balik nih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sobat atas silaturahminya, salam sejahtera.

      Delete
  10. kalau saya dulu cuma di dongengin kancil sama ortu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekaarang anak anak masih menykainya lo mas.

      Delete
  11. benar sekali apa yang anda utarakan kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. okey mas yoga, salam persahabatan yah.

      Delete
  12. Selain hal diatas mungkin untuk mempercepat tidur si anak ya (kalau di film) masalahnya belum pernah dongengin anak sih hehe... aku mau donk di dongengin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, dengan di dongengin juga mempercepat sang buah hati untuk segera tidur.

      Delete
  13. Makasih banyak sharingnya, sis...salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga sobat, terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  14. sy inget dulu waktu kecil..kalo blm di kipasin sama di dongengin sama mbok ku...blm bisa merem hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dengan saya mas kisah masa kecilnya, kalau belum di dongengin kancil mencuri timun belum terlelap juga.

      Delete
  15. setuju dengan poin poin pada artikel ini, kami bergantian mendongeng dengan pasangan setiap anak anakku jelang tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heemm romantis ya mas.. hehehe. Salam buat keluarga dan buah hati anda.

      Delete
  16. wah selain membuat anak cepet tdr, ternyata ada banyak manfaat lagi ya sob..?

    dulu waktu saya kecil saya nggak pernah di dongengi saya ortu saya..pantes kalau daya berfikir saya agak low hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas ini ada ada saja, masih ada cara lain kok mas untuk membantu mencerdaskan anak, bukan dengan mendongeng aja.

      Delete
  17. asal jangan dongeng yang aneh-aneh, karena perkembangan otak anak masih sangat rawan untuk menyerap hal-hal yang berat :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buetul sekali mas hariyanto, masukan yang sangat membangun. Karena jika orang tua mendongengin cerita yang salah maka akan bedampak buruk bagi perkembangan anak pula.

      Delete