Get me outta here!

27 November 2013

Resep Sayur Asam Jakarta


Walaupun saya berada di jawa timur, dan kalau membahas menu sayur asam, saya selalu terpaku pada resep saya sendiri yaitu sayur asam jawa timur. Namun kali ini saya akan berbagi info tentang menu sayur asam dari jakarta. Penasaran ingin tau bagaimana rasa dan cara membuatnya..?, yuk kita mencoba untuk membuatnya. Setelah jadi jangan lupa di cicipi yah, dan di bedakan rasanya dengan menu dari daerah lain.

Bahan:
  • Kacang panjang = 0,5 mangkok.
  • Daun melinjo = 0,5 mangkok.
  • Kacang merah = 0,25 mangkok.
  • Jagung muda = 0,25 mangkok.
  • Labu yang sudah di iris-iris = 0,25 mangkok.
  • Air = seperlunya saja.

Bumbunya:
  • Cabe merah = 2 buah dan di belah.
  • Irisan bawang merah = 2 sendok makan.
  • Bawang putih = 2 siung.
  • Buah kemiri = 3 butir ( di haluskan ).
  • Daun salam = 2 lembar.
  • Laos = 1 kerat atau 1 batang saja.
  • Garam = secukupnya.
  • Bumbu penyedap = secukupnya.

Cara memasaknya:
  • Didihkan air bersama jagung muda, campur dengan kacang panjang dan daun melinjo.
  • Masukkan irisan bawang merah, tambah dengan bawang putih yang telah di memarkan, cabe merah, kemiri ( yang sudah di haluskan ), laos dan daun salam dan kacang merah.
  • Bila kacang merah sudah lembek, masukkan sayuran lainnya. Tunggu sebentar hingga matang. Sebelum diangkat, masukkan garam dan bumbu penyedap seperlunya. 

Selamat mencoba, jika dari para pembaca ada masukan silahkan isi di kolom komentar yach. Maklum resep masakan ini saya dapatkan dari saudara saya yang bukan asli dari Jakarta.

0 comments:

Posting Komentar