Get me outta here!

14 Desember 2013

Tips Memilih Olahraga Yang Tepat Dan Aman

Tips Memilih Olahraga Yang Tepat Dan Aman
Aktifitas olahraga memang menyehatkan, namun jika kita salah dalam waktu,tempat dan sarana olahraga nya, maka bisa berakibat badan kita malah sakit. Tujuan berolahraga memang untuk menyehatkan badan kita selain sebagai sarana refresing. Dan aktifitas ini juga memerlukan tips agar bisa berjalan dengan lancar dan menyehatkan.

Berikut ini beberapa informasi akan hal-hal yang perlu kita perhatikan saat berolahraga.
1. Tempat dan waktu.
Hal pertama yang perlu kita siapkan adalah waktu dan tempat yang tepat. Waktu yang nyaman untuk berolahraga adalah pagi hari setelah bangun dari tidur. Selain itu tempat yang nyaman adalah di tempat yang banyak mengandung oksigen yang bagus. Jalan raya adalah tempat yang kurang bagus untuk berolahraga. Selain terdapat polusi udara juga rawan kecelakaan. Lakukan olahraga di tempat yang aman dan nyaman semisal taman olahraga atau taman bermain di sekitar lokasi anda yang jauh dari lalu lalang kendaraan bermotor.

2. Lakukan Pemanasan.
Pemanasan dalam olahraga sangatlah penting. Jika tanpa adanya pemanasan,sebagai contoh yaitu peregangan otot dan pernafasan, maka bisa berakibat tidak baik bagi tubuh. Sedangkan tahap olahraga yang benar ada 3, yaitu pertama : pemanasan, kedua : gerakan inti atau utama, dan ketiga: gerakan pendinginan. Sehabis olahraga usahakan jangan langsung istirahat, namun lakukan pendinginan dulu sampai keringat yang keluar berhenti. Lakukan olahraga minimal 3-4 kali dalam seminggu secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal bagi tubuh anda.

3. Hindari Minuman Dingin.
Minum minuman dingin sehabis berolahraga memang menyegarkan, padahal hal ini sangat tidak dianjurkan dalam ilmu kesehatan. Banyak fakta yang membuktikan minum minuman dingin sehabis olahraga bisa mengakibatkan sakit kepala dan gangguan lambung. Hal ini terjadi karena terjadinya proses perubahan suhu tubuh yang mendadak. 

Di saat berolahraga suhu tubuh kita tinggi, lalu di dinginkan dengan cara cepat/mendadak, maka akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Maka di sarankan untuk meminum minuman yang sesuai dengan suhu tubuh manusia secara normal saat berolahraga. Minuman yang baik sehabis olahraga adalah minuman yang tidak panas dan tidak dingin. Rata-rata suhu manusia kan 36 derajat, jadi minumannya usahakan yang hangat. Dengan adanya kesamaan suhu minuman dan suhu badan maka minuman akan mudah di serap oleh tubuh.

4. Pakailah Alat Pengaman Olahraga.
Demi kelancaran kegiatan berolahraga, maka di anjurkan untuk melengkapi dengan alat pengaman. Jika kita melakukan aktifitas olahraga bersepeda, maka haruslah memakai alat pengamannya dengan lengkap. Sarung tangan, helm dan sepatu salah satu pengaman yang wajib di pakai dalam olahraga ini di samping alat keamanan lainnya. Dan untuk olahraga lainnya kita juga harus memakai pengaman juga.

0 comments:

Posting Komentar