Get me outta here!

8 Juni 2014

Tips Atasi Flu Di Pagi Dan Sore Hari


Pernahkan Anda mengalami gejala atau sakit flu yang sedikit aneh..?. Saya katakan aneh karena flu itu terjadi pada pagi dan sore hari saja. Saya mengalaminya beberapa hari ini. Setelah saya konsultasi dengan dokter spesialis akhirnya saya mendapatkan beberapa info tentang flu ini. Bersin-bersin di pagi hari bisa saja disebabkan oleh pembuluh darah pada hidung yang sensitif dengan udara dingin pagi hari dan sore hari,apalagi kalau musim hujan ( rhinitis vasomotor).

Hal ini bisa terjadi pada sebagian orang yang daya tahan tubuhnya relatif rendah di pagi hari, karena memang selama kita tidur di malam hari itu, semua sistem tubuh secara otomatis ikut melambat (dalam keadaan santai), dan keadaan santai ini terus berlanjut sampai kita bangun dan sarapan pagi. Setelah sarapan pagi tersebut daya tahan tubuh kita akan ikut bangun dan bekerja sedikit demi sedikit..
Oleh karena itu, selain berkaitan dengan reaksi alergi, daya imun tubuh kita juga perlu ditingkatkan untuk mengatasi bersin-bersin dan akhirnya hidung berlendir (flu) tersebut.

Flu sendiri disebabkan oleh virus influenza, dan sebenarnya di saat virus itu ‘hinggap’ di tubuh kita, virus itu tidak bisa benar-benar kita hilangkan, kita hanya bisa menekannya dengan daya imun yang baik sehingga virus tidak menginfeksi. Makanya di saat kita flu itu, tidak minum obat pun sebenarnya juga tidak apa-apa, asal kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita yang sempat melemah, yang mengakibatkan virus ini merajalela dalam tubuh. Flu itu lama-lama akan hilang sendiri bersamaan dengan melemahnya daya infeksi virus karena meningkatnya daya tahan tubuh atau imun di diri kita.

Makanya kalau kemudian daya tahan tubuh kita melemah lagi, virus akan kembali mencoba ‘menguasai’ tubuh kita.

Berikut ini cara-cara untuk meningkatkan daya tubuh untuk menghindari Flu tersebut :
  1. Lakukan olah raga di pagi hari dengan teratur, sehingga metabolisme tubuh meningkat, sehingga tubuh menghangat, sel darah giat mengalir di seluruh pembuluh darah dan daya tahan tubuh ikut meningkat.
  2. Makan atau minum makanan minuman yang kaya vitamin C dan mineral Kalsium.
  3. Jaga kehigienisan saluran nafas atas dan mulut, kumur-kumur dengan air hangat atau obat kumur dan bersihkan lubang hidung dengan hati-hati.
  4. Coba hiruplah uap hangat untuk menghambat masuknya udara dingin yang bisa menyebabkan flu pagi itu.
  5. Tenangkan pikiran atau hindari kemungkinan- kemungkinan yang mengakibatkan stres karena keadaan ini, karena stres sama juga akan menurunkan daya tahan tubuh.
  6. Selalu jaga kebersihan lingkungan dan tubuh kita. Dengan tubuh dan lingkungan sekitar yang bersih maka virus flu tidak akan ada.

Saat flu terjadi pada kita jangan terlalu khawatir. Langkah pertama yang kita ambil adalah meningkatkan dulu sistem ketahanan atau imun pada tubuh kita supaya mampu melawan si virus Flu tersebut.
Semoga tips mengatasi flu ini bermanfaat. Jagalah kebersihan dan kesehatan tubuh Anda. Jaga selalu imunitas dan kesehatan anda. Karena di Tahun 2020 ini ada virus yang sangat berbahaya yaitu VIRUS CORONA atau COVID19.Dengan daya tahan tubuh dan kesehatan yang kuat maka virus tidak akan menjangkiti kita. Termasuk virus corona.

6 komentar:

  1. Ziarah malam salam ukhuwah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Mbak Aina, terimakasih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Saya setuju mbak, masih banyak orang awam jika menderita flu, terburu-buru mengonsumsi antibiotik yang sebenarnya tidak kurang efektif untuk influenza sebab disebabkan oleh virus. banyak sekali pasien saya, jika terkena flu, justri minum antibiotik terlebih dahulu, tetapi tidak mengkonsumsi obat pereda gejala flu.

    informasi yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Mas Rachmat, pencegahan lebih dini saya kira sangat bagus dari langkah pengobatan.

      Hapus
  3. Saya setuju mbak, penyakit ini muncul di saat imun lemah, apalagi orang yang alergi. Banyak orang awam yang salah kaprah, saat menderita penyakit ini, langsung terburu-buru menerapi sendiri dengan antibiotik, yang notabene kurang tepat untuk penyakit ini. Malah obat pereda gejalanya tidak dikonsumsi.

    BalasHapus
  4. mungkin bisa direkomendasikan makanan dan minuman apa yang baik untuk pengidap flu?

    Herbal Mulia

    BalasHapus